Rekomendasi 7 Makanan Khas Asli Yogyakarta

Rekomendasi 7 Makanan Khas Asli Yogyakarta

Rekomendasi 7 Makanan Khas Asli Yogyakarta – Yogyakarta, atau yang Mahjong Ways lebih akrab di sebut Jogja, selain di sebut kota pelajar, kota budaya, kota ini terhitung salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Indonesia. Jogja tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kekayaan budayanya, tapi terhitung menawarkan banyak variasi makanan lezat yang patut Anda coba. Mulai dari gudeg yang manis-gurih, bakmi Jawa yang gurih, sate klathak yang enak, hingga Bakpia yang menjadi favorit wisatawan. Nah tersebut ini adalah tujuh rekomendasi makanan yang wajib Anda coba saat singgah ke Jogja. Selamat nikmati kelezatan kuliner Jogja saat Anda singgah ke kota ini! Di jamin sebabkan Anda tidak bisa move on dari kota ini, rasanya mendambakan lagi dan terus lagi ke kota ini.

Rekomendasi 7 Makanan Khas Asli Yogyakarta

1. Gudeg

Siapa yang tidak jelas makanan yang satu ini. Gudeg udah amat berkenaan erat dengan Kota Jogja sebab adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang di masak dalam santan dan rempah-rempah. Rasanya manis dan gurih, umumnya di sajikan dengan ayam, telur, tahu, dan sambal krecek. Anda dapat nikmati gudeg dengan nasi atau ketupat. Tempat makan Gudeg Jogja yang bisa Anda coba ada di Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata, Gudeg Pawon, dan Gudeg Bu Tjitro.

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa merupakan mie tradisional Jawa yang populer di Jogja. Mie ini umumnya di sajikan dengan irisan ayam, pangsit, tauge, dan daun bawang. Ada 2 pilihan bakmi, Bakmi Jawa goreng, dan Bakmi Jawa godog. Rasanya sungguh gurih dan nikmat, amat sesuai untuk makan malam.

Sungguh perpaduan yang sesuai untuk menghangatkan tenggorokkan, apalagi di makan saat cuaca dingin. Bakmi Jawa yang patut di coba adalan Bakmi Jawa Mbah Gito, Bakmi Jawa Pak Kadin, Bakmi Jawa Piyaman Katelu, dan kedai-kedai selama jalur Kota Jogja udah tentu nikmat.

3. Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate kambing yang di bakar dengan arang kelapa dan di tusuk menggunakan tusukan besi. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap sempurna. Rasanya cenderung manis, gurih, dan tentunys nagih. Sate ini adalah sate khas tempat Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sate ini umumnya di sajikan dengan nasi, lontong, atau ketupat. Jangan lupa di cocol dengan sambal khas Jogja yang pedas dan lezat. Yang wajib Anda coba adalah Sate Klathak Pak Pong, dan Sate Klathak Pak Bari.

Baca Juga: Nasi Goreng: Makanan Paling Favorit Semua Orang

4. Oseng Mercon Jogja

Oseng Mercon Jogja adalah hidangan khas dari Yogyakarta yang populer dengan rasa pedasnya yang menggigit. Isi Oseng Mercon bersifat daging sapi, tetelan, dan cabai yang melimpah. Hidangan ini sesuai bagi pengagum makanan pedas yang menyukai tantangan rasa. Oseng Mercon Jogja umumnya di sajikan dengan nasi putih hangat.

Rasanya yang pedas nagih, gurih, dan sedikit manis sebabkan hidangan ini menjadi favorit di kalangan penduduk Yogyakarta dan pengunjung yang mencari sensasi rasa yang kuat. Jangan lewatkan untuk mencicipi Oseng Mercon Jogja Bu Narti dan sekitarnya, sebagai salah satu pengalaman kuliner yang unik dan menantang.

5. Soto Bathok

Soto Bathok Jogja adalah hidangan khas Yogyakarta yang punya ciri khas dalam penyajiannya. Ini Soto di sajikan dalam “bathok”, yakni potongan bambu yang di gunakan sebagai wadah untuk menyajikan hidangan. Kuah soto yang gurih di buat dari rebusan tulang ayam atau sapi yang kaya dapat rempah-rempah.

Rasanya yang gurih, hangat, dan sedikit pedas menjadikan Soto Bathok Jogja amat nikmat, terlebih saat dinikmati di pagi atau siang hari sambil nikmati view persawahan. Dengan harga yang murah dan dimakan dengan sate-satean sebagai pendamping makanan, coba hidangan ini di beberapa warung makan atau rumah makan yang menyajikan kuliner khas seperti, Soto Bathok Mbah Karto.

6. Brongkos Jogja

Brongkos Jogja adalah hidangan khas Yogyakarta yang populer dengan rasa gurih, manis, dan rempah-rempahnya yang kaya. Ini Brongkos merupakan semacam gulai atau sajian berkuah yang terbuat dari daging sapi, kacang merah, potongan tahu, telur rebus, dan sayuran seperti daun bawang atau daun kemangi sebagai pelengkap. Hidangan ini umumnya disajikan dengan nasi putih hangat. Brongkos Jogja Handayani, dan Brongkos Warung Ijo Bu Padmo patut dicoba bagi pengagum masakan tradisional dan pengagum makanan berkuah.

7. Bakpia Jogja

Bakpia Jogja adalah salah satu oleh-oleh khas yang populer di Yogyakarta. Ini Bakpia terbuat dari kulit kue yang tidak tebal dan di isi dengan beragam macam selai yang lezat, seperti kacang hijau, kacang tanah, cokelat, keju, dan masih banyak lagi pilihan rasa lainnya. Tekstur kulit yang lembut dan renyah saat di gigit dan isian yang melimpah memberikan kelezatan yang khas.

Proses pembuatan bakpia ini mengedepankan bahan-bahan berkwalitas dan juga proses memproduksi yang higienis, menjadikannya pilihan yang aman dan lezat untuk di bawa pulang atau di berikan sebagai oleh-oleh kepada orang terdekat. Rekomendasi dari saya, Anda bisa membeli bakpia lezat di Bakpia Kurnia Sari, dan juga Bakpiaku.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *