Inilah Makanan Khas Idul Adha yang Wajib Dicoba!

Inilah Makanan Khas Idul Adha yang Wajib Dicoba!

Inilah Makanan Khas Idul Adha yang Wajib Dicoba! – Jika Hari Raya Idul Fitri penuh dengan hidangan seperti opor lontong, ketupat sayur, kue kering, dan aneka jajanan snack basah lainnya, maka Hari Raya Idul Adha pun demikian.

Hampir setiap kota di Indonesia miliki masakan khas Idul Adha versi mereka yang umumnya di masak secara turun temurun. Makanan ini umumnya kemudian di santap dengan keluarga atau tetangga apalagi mereka yang berpartisipasi dalam penyembelihan hewan qurban.

Inilah Makanan Khas Idul Adha yang Wajib Dicoba!

Penasaran apa saja makanan nusantara yang di sediakan saat Idul Adha? Coba cek daftarnya di bawah ini!

1. Nikmatnya Timphan Srikaya yang cuma bakal dijumpai saat Idul Adha atau Idul Fitri

Timphan merupakan kue basah khas Aceh yang bertekstur lembek dan di bungkus dengan daun pisang muda kemudian disediakan di meja area tamu untuk menyongsong tetangga atau saudara yang datang saat Idul Adha maupun Idul Fitri. Sejauh ini, timphan srikaya tetap menjadi yang paling terenak dan favorit bagi sejumlah masyarakat Aceh.

2. Kue dram-dram (deram-deram) dari Kepri senantiasa menjadi sajian khas setiap Idul Adha

Rasanya yang manis, gurih, dan berupa seperti donat menjadikan kue deram-deram asal Pulau Penyengat, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini terlampau sesuai di santap di saat enjoy atau saat berkumpul dengan keluarga di momen Hari Raya Idul Adha.

Jika anda datang ke Tanjung Pinang, cobalah untuk membelinya karena ternyata kue ini tidak cuma di sediakan saat Hari Raya Qurban, tetapi juga di jual di toko oleh-oleh. Jadi, rasa penasaran anda terobati deh!

3. Goyang lidah anda dengan nasi minyak khas Jambi yang bisa dibikin sendiri di rumah

Makanan khas Idul Adha ketiga ala hidangan nusantara adalah nasi minyak Khas Jambi yang dalam satu piringnya memuat nasi gurih full rempah, kemudian di lengkapi dengan lauk pauk seperti daging, telur, balado kentang, acar, kerupuk, dan lain-lain sesuai kreasi.

Untuk mencicipi hidangan ini, anda nggak kudu datang ke Jambi karena banyak resep yang bertebaran di internet dan bisa di coba sendiri di rumah. Rasanya serupa sekali dengan nasi kebuli.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Bali yang Wajib Dikunjungi

4. Menyantap rabeg kambing saat Idul Adha sudah seperti acara kudu bagi masyarakat Banten. Duh, kapan kembali bisa icip makanan selezat ini?

Sudah dulu dengar rabeg kambing? Sajian lezat khas Banten ini di bikin dari jeroan atau anggota perut kambing yang di masak seperti semur tetapi di bikin agak kental dengan cita rasa manis, gurih, dan konon nggak bikin kolestrol lho!

Rabeg kambing merupakan salah satu hidangan khas Idul Adha di Banten yang di masak manfaatkan banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, biji pala, kalebet, dan sebagainya kemudian di masak selama tidak cukup lebih 90 menit sampai matang. Hmm, membayangkannya saja bikin ngiler!

5. Icip-icip sate balanga yang konon tidak ada duanya ini sebetulnya sebuah keberuntungan, yummy!

Sate balanga adalah hidangan Idul Adha khas Gorontalo dan tidak serupa dengan jenis sate umumnya karena proses matang dan juga penyajiannya bukan manfaatkan tusukan bambu, melainkan di potong kecil-kecil, kemudian di masak manfaatkan bumbu rempah.

Dari aspek tampilan sebetulnya serupa rendang atau semur nyemek, tetapi rasanya berbeda. Penasaran? Bikin sendiri di rumah aja.

6. Mau makan serba kuah? Sop Konro khas Makassar bisa menjadi opsi terbaik saat Idul Adha

Kamu pasti sudah dulu denger kuliner legendaris dari Makassar ini kan? Yups, sop konro merupakan salah satu sajian khas yang senantiasa ada di setiap Idul Adha.

Terbuat dari iga sapi yang di masak selama berjam-jam dengan bumbu rempah sampai empuk kemudian di makan seiring dengan nasi hangat di pagi atau siang hari. Beuh, nikmat banget deh.

7. Kicik daging khas Yogyakarta juga bisa dicoba nih biar Idul Adha lebih berwarna

Kalau bosen serupa masakan yang itu-itu aja dan pengen sesekali coba hidangan yang antimainstream, bikin deh kicik daging sapi khas Yogyakarta yang satu ini.

Olahan kicik daging sapi bisa anda bikin sendiri di rumah kecuali tidak cukup senang dengan daging kambing dan dambakan sekali nyemil tanpa nasi. Yup, hidangan yang satu ini bisa anda makan begitu saja tanpa nasi. Asalkan jangan terlampau asin ya.

Mau apa pun masakannya, kecuali di olah dengan hati pasti jadinya lezat. Apalagi kecuali di santap dengan dengan keluarga. Sudah pasti nikmatnya juara!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *